Tuesday, July 24, 2018

Kiat Mengelola Karyawan Sebuah Perusahaan Ala Sukanto Tanoto

Pebisnis sukses yang bernama Sukanto Tanoto ini memang memiliki aset yang cukup besar sekali nilainya, bahkan sudah berhasil memiliki karyawan sebanyak 60 ribu orang lebih. Sukanto Tanoto berkata bahwa pada saat memulai menjalankan sebuah bisnis, memang sangat wajar sekali apabila Anda ingin melakukan segala hal pada langkah awal. Anda akan lakukan banyak hal sendirian untuk lihay bisnis tersebut bertumbuh. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka akan sangat sulit sekali mengawasi jalannya penjualan, operasional, dan pemasaran sendirian.
Sehingga pada titik inilah, Anda butuh yang namanya tim solid untuk selesaikan masalah tersebut. Anda perlu membentuk manajemen karyawan yang luar biasa untuk kelola semua bidang dalam perusahaan dan bawa bisnis Anda pada tingkatan yang lebih baik lagi. Untuk membentu manajemen karyawan sebuah perusahaan layaknya perusahaan yang dijalankan oleh Sukanto Tanoto ini misalnya saja, pasti butuh kecocokan dengan jenis pekerjaan supaya karyawan bisa tetap kuat.
Ini artinya tanggung jawab yang diberikan haruslah sesuai, tak berdasarkan hubungan Anda dengan mereka, atau pun seberapa dekatnya Anda dengan mereka. Hal tersebut juga berarti tidak menempatkan diri Anda sebagai orang paling tepat untuk mengelola semua lini perusahaan.

Kiat Mengelola Karyawan Sebuah Perusahaan Ala Sukanto Tanoto

Untuk mengelola karyawan sebuah perusahaan ala Sukanto Tanoto ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari karyawan yang tepat. Tapi sayangnya, eksekutif yang baik tak akan tumbuh dipohon dan Anda pastinya tak ingin mempekerjakan orang – orang seperti itu. Sebab keputusan mereka bisa merusak bisnis, Anda tentunya menginginkan yang terbaik. Jika Anda sudah mendapatkan calon yang potensial, lantas bagaimana memastikan mereka bisa melakukan pekerjaan dengan baik? Sangat disarankan sekali agar Anda melakukan wawancara kerja.
Pada saat duduk berhadapan dengan kandidat eksekutif potensial, ada beberapa hal yang harus Anda tahu untuk buat pekerjaan jadi lebih mudah, yakni memastikan kandidat tersebut memahami pekerjaannya, melakukan wawancara untuk ikatan, pastikan Anda mempekerjakan orang – orang yang benar – benar pintar, memastikan mereka mau belajar, dan memiliki jiwa pantang menyerah.
Jika Anda sudah menemukan kandidat yang terbaik, langkah selanjutnya adalah Anda harus membujuk mereka untuk mau bergabung dengan manajemen perusahaan Anda. Tak ada aturan baku tentang kesepakatan terbaik untuk Anda tawarkan kepada mereka. Pekerja biasanya mungkin akan cukup senang sekali hanya dengan uang, akan tetapi eksekutif tak semudah itu. Mereka mungkin saja juga ingin memiliki opsi saham, gaji yang besar, dan bonus yang bisa didapatkan tiap tahunnya, atau bahkan per kuartal.
Sebab tugas mereka adalah membuat semua perusahaan dalam berjalan dengan baik dan berhasil, silahkan Anda gunakan opsi saham dan rencana bonus untuk hubungkan pendapatan mereka supaya mendapatkan kinerja yang terbaik untuk keberhasilan perusahaan. Opsi saham ini haruslah selaras dengan kinerja dalam jangka panjang, sementara itu untuk bonus dan juga pembagian labanya sendiri haruslah didasarkan pada hasil tahun lalu.

Yang pasti tak semua eksekutif inginkan saham. Tentunya Anda akan menyukai seseorang yang suka sekali dengan pekerjaan menantang dan gaji yang sederhana. Dan mereka ada diluar sana. Beberapa orang berkualitas baik yang lebih perduli terhadap waktu dan keluarga, budaya yang menyenangkan, pekerjaan menantang, atau pun jadi salah satu bagian dari upaya mengubah dunia. Semakin Anda paham motivasi tiap orang, maka akan semakin Anda dapat penawaran yang memuaskan mereka pastinya.

No comments:

Post a Comment